BlogHome

Sebuah Ruangan dengan Berbagai Keunggulan Pendukung Server; Colocation Server

Pada sebuah ruangan data center atau pusat data yang menyimpan server dan perangkat jaringan komputer, terbagi lagi menjadi beberapa ruangan salah satunya adalah collocation server. Sesuai namanya, collocation adalah sebuah ruangan yang berada di dalam data center tempat dimana server-server komputer Anda diletakkan. Ruangan ini didesain khusus dengan standar tertentu, selain itu desainnya juga harus memenuhi aspek aksesibilitas dengan presentase di atas 99,9%. Selain aspek aksesibilitas, ketentuan lain yang harus dimiliki oleh ruang penyimpanan sever di data center ini adalah adanya sistem dan standar keamanan yang memadai dan juga infrastruktur pendukung penyimpanan yang baik pula. Dalam sebuah ruangan penyimpanan ini, setidaknya harus dilengkapi kestabilan arus listrik dan akses internet tak lupa kamera pengawas sekaligus petugas pengaman. Dengan begitu server yang disimpan di dalamnya senantiasa aman.

Pelanggan yang memanfaatkan jasa data center menempatkan servernya di dalam layanan colocation. Colocation selanjutnya akan menghubungkan server ke jaringan komunikasi data. Pengguna colocation server pun beragam, mulai dari perusahaan hosting hingga perusahaan besar dengan departemen khusus IT di dalamnya juga menggunakan layanan ini. Tujuannya juga beragam salah satunya tentu saja untuk menunjang kegiatan operasional dalam sebuah perusahaan. Banyaknya pengguna layanan colocation ini disebabkan karena keunggulan yang diberikan saat menggunakan layanan colocation.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan dari penggunaan layanan colocation ini adalah bisa menghemat biaya. Dalam penggunaannya, pelanggan tidak akan dikenakan tarif berbeda menurut spesifikasi servernya. Entah itu server canggih maupun tidak, biaya yang dikeluarkan tetap sama yaitu biaya perbulan. Ini tentu akan menguntungkan bagi perusahaan yang memiliki departemen IT jika dibandingkan dengan membangun data center sendiri. Cukup dengan menyewa colocation server di data center, perusahaan tak perlu mengeluarkan biaya hingga milyaran rupiah untuk mendirikan data center sendiri. Tak hanya itu saja, keamanan server juga sudah dijamin dengan jaminan update teknologi hingga peningkatan performa. Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir karena semua layanan yang diberikan didukung oleh tenaga yang profesional.

Back to posts
UNDER MAINTENANCE

pacman, rainbows, and roller s